Selasa, 17 Januari 2012

Buah Carica Khas Dieng

Carica sibuah rudal yang tumbuh di pegunungan dataran tinggi dieng, demikian masyarakat wonosobo menyebutnya. Buah Carica yang panjangnya mencapai 7-15 cm dan diameter 3-8 cm, memang mirip seperti rudal mempunyai lima sudut memanjang dari pangkal ke ujung mirip seperti rudal.
Carica termasuk pohon yang mudah sekali ditanam dan dipelihara, sehingga para petani di dataran tinggi Dieng sering menanam pohon carica di pematang kebun, bersama-sama dengan tanaman sayur mayur lainya. Bulan juni - juli atau menjelang musim kemarau merupakan masa panen buah carica, untuk satu pohon carica mampu menghasilkan sekitar 10-20 Kg buah.
Sewaktu muda buah carica berwarna hijau dan menjadi kuning kejingga-jinggaan di saat masak. Buahnya (mesokarp) dapat dimakan segar berupa daging dan bijinya, rasanya agak masam dan kenyal.
Masyarakat dieng mengolah buah carica menjadi cairan sirup dalam kaleng, Atau yang lazim disebut carica dieng. Disamping rasanya yang khas buah carica mengandung banyak papain, enzim yang mampu mendegradasi protein (proteolitik). Bagaimana….? Penasaran mau merasakan segarnya buah Carica. Datang saja ke Ukm-Gallery Lt. Dasar dan Paviliun Provinsi Jawa tengah di Lt.3 Gd SME TOWER Jl Gatot Subroto Kav 94 Jakarta. Tersedia Carica dalam kemasan Botol dan kantong.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host